WOW.. Kereta Api Express Bandung Lewat Stasiun Citayam?

Perjalanan ke Bandung dengan 'Kereta Api Express Bandung' yang melewati Citayam pasti akan memakan waktu yang lama. Bagaimana tidak, jalur KRL Jakarta-Bogor merupakan salah-satu yang terpadat di Indonesia dan KRL nya berhenti disetiap stasiun termasuk stasiun Citayam yang akan membuat kereta saling tunggu. Jadi masih mau ke Bandung lewat Citayam?..

Eiits.. ternyata itu jaman dulu saat Citayam masih punya banyak hutan, kebun dan sawah. Begini nih ceritanya, Selasa malam 30 Juni 1959 terjadi peristiwa putusnya kabel listrik di dekat stasiun Depok (Lama) kira-kira sekitar 30 Km dari Bogor. Putusnya kabel tersebut mengakibatkan "Enam Kereta Api Terkatung2 antara Bogor - Djakarta" sesuai dengan judul berita di Harian Nasional saat itu. 

Adapun kereta yang terkatung-katung adalah : 
1. Kereta Jakarta-Bogor, berangkat pukul 16.40
2. Kereta Jakarta-Bogor, berangkat pukul 19.00
3. Kereta Bandung-Jakarta (lewat Sukabumi-Bogor), berangkat pukul 14.00
4. Kereta Bogor-Jakarta, berangkat pukul 15.30
5. Kereta Bogor-Jakarta, berangkat pukul 17.15 
6. Kereta Barang, berangkat pukul 19.00


Keenam kereta tersebut tertahan di Stasiun Citayam, Stasiun Depok (Lama) dan Stasiun Pondok Cina sehingga ratusan penumpang terpaksa menunggu proses penyambungan kabel listrik tersebut oleh pihak DKA (sekarang PT.KAI) sampai selesai pukul 21.30 WIB. Jika dulu penumpangnya berjumlah ratusan dan rela menunggu, apakah sekarang yang penumpangnya mencapai ribuan itu juga akan rela menunggu? Sepertinya tidak, karena alternatif seperti angkot dan ojek juga sudah banyak. (Roby)
 
Harian Pagi NASIONAL, Rabu 01 Juli 1959

Tidak ada komentar: