CorelDRAW X7, Cara Membuat Pas Photo

Yogyakarta - Dimintai tolong oleh bude Sri (59 tahun) untuk memperbanyak pas photo hitam putih cetakan tahun 1980an telah membuat saya berinisiatif mencetak yang up to date, karena pas photo tersebut sudah tidak relevan untuk tahun 2014 ini. Untuk menghemat waktu dan biaya pengambilan foto dilakukan di rumah dengan alat seadanya (baca: efektif). Lahir di tahun ganjil membutuhkan warna merah sebagai background foto dan spanduk bekas menjadi alternatifnya, sedangkan pencahayaan menggunakan cahaya alami dari balik jendela, untuk kamera menggunakan kamera yang terdapat pada hanheld smartfren saya. Setelah foto tersimpan dan dipindahkan ke netbook saya menggunakan CorelDRAW X7 untuk membuat pas photo nya.
 
Caranya :

Pertama, buka dokumen baru dengan cara mengklik File > New Document dan pilih ukuran A4 sesuai ukuran kertas foto yang ada.
Kedua, membuat Rectangle Tool atau bisa langsung dengan menekan tombol F6.


ketiga, atur ukuran Rectangle Tool sesuai dengan Pas Photo yang diinginkan, secara default satuan ukur yang dipakai adalah milimeter dimana 10 mm adalah 1 cm.

keempat, masukan gambar ke Corel Draw dengan mengklik File > Import atau bisa langsung dengan menekan Ctrl+I

Kelima, setelah foto dimasukkan, klik kanan pada foto tersebut dan klik PowerClip Inside dan arahkan kursor ke dalam Rectangle Tool 


Keenam, setelah foto dimasukan ke dalam Rectangle Tool kita sesuaikan posisi gambar dengan cara mengklik Edit PowerClip lalu setelah selesai klik kanan pilih Finish Editing This Level


Pas photo pun akhirnya siap, tinggal diperbanyak sesuai ukuran dan kemampuan. untuk bude Sri, pas photonya saya buatkan sebanyak tiga ukuran yaitu 2 x 3, 3 x 4 dan 4 x 6 yang masing-masing ada empat lembar. Jadi jika membutuhkan bisa langsung ambil tanpa repot harus cetak lagi. Sekian dari saya semoga cerita diatas bisa berguna. (Roby)

Tidak ada komentar: