Angkutan Pemadu Moda Dari Depok ke Bandara Soekarno-Hatta


Depok - Selasa 29/07/2014 saya dan istri kebagian tugas menjemput saudara di Bandara Soekarno-Hatta yang datang dari Gorontalo. Kebetulan tujuh hari sebelumnya ada berita dari depok.go.id yang mengabarkan bahwa warga Depok yang ingin pergi ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang sudah bisa menggunakan Angkutan Pemadu Moda berupa bus bandara yang dapat ditemui di Terminal Depok dan Hotel Bumi Wiyata. Keberadaan bus bandara ini tentu saja tidak akan saya sia-siakan, apalagi kondisinya masih baru jadi lebih nyaman ketimbang bus yang dari luar Depok.



Bus Bandara yang melayani rute Bandara Soetta - Tol Dalam Kota - Tol Jagorawi - Tol Cijago - Jl. Juanda - Margonda - Terminal Depok ini adalah Bus Hiba Utama. Time Table (Jadwal Pemberangkatan) dari Depok adalah setiap jam, mulai pukul 02.00 WIB sampai dengan pukul 21.00 WIB. Sedangkan Time Table dari Bandara (Terminal 1 - 2 - 3) adalah juga setiap jam, mulai pukul 04.00 WIB sampai dengan pukul 24.00 WIB. Untuk sekali perjalanan masing-masing penumpang termasuk anak diatas tiga tahun akan dikenakan tarif sebesar Rp. 40.000,-.


Saya dan istri begitu tiba di Terminal Depok langsung menuju ke loket bus yang terletak di sebelah Timur Terminal (seberang Ramayana) untuk membeli tiket. Walaupun tiket bisa dibeli belakangan saat sudah naik bus, tapi menurut saya lebih baik membeli di loket karena akan mendapat nomor kursi. Jadi kalau beli tiket di dalam bus siap-siap saja diusir oleh penumpang lain yang sudah mempunyai tiket beserta nomor kursinya. Kalau pun memang terpaksa beli diatas dan tidak mau diusir ya silakan cari kursi bagian belakang, karena biasanya kursi akan terisi secara urut dari bagian depan.


Menurut petugas yang berada di loket, "bus Hiba Utama rute depok ini baru sepuluh hari beroperasi". Itu berarti bus ini pertama kali beroperasi pada tanggal 19 Juli 2014. Jadi wajar menurut saya kalau penumpangnya masih relatif sedikit, ya lumayan lah buat saya bisa pakai wifi seorang diri dengan speed yang wuzz untuk download. AC nya juga terasa dingin ketika terik matahari begitu menyengat di luar bus. Hal ini sesuai dengan yang tertulis di loket "Dengan armada bus terbaru standar internasional (rec seats 2-2, wifi, audio video, CCTV, dll)".


Berangkat dari Terminal Depok pukul 11.39 WIB kemudian berhenti sebentar di Hotel Bumi Wiyata pukul 11.43 WIB dan sampai di bandara pukul 12.39 WIB cepet banget nih bus. Buat warga Depok terutama yang dekat terminal atau sekitar Margonda manfaatkan deh bus ini, selagi ada dan selagi masih baru, atau mungkin bisa buat alternatif jalan-jalan sambil bawa anaknya liat pesawat dari anjungan pengantar. hehe.. (Roby)

23 komentar:

Liska Oktafiani mengatakan...

Terima kasih atas infonya.
Mau tanya nih, kalau misalnya beli tiket sehari sebelum keberangkatan bus bisa ga ya?

Thanks,
Ica

M Roby Yahya mengatakan...

bisa mba Liska, bahkan tiket bisa dibeli langsung saat bis mau berangkat..

Alfi Syahri mengatakan...

Mas Roby,
bus ini keberangkatan dari bandara - depok ngelewati lenteng agung apa ga ya mas?

thanks
alfi

M Roby Yahya mengatakan...

Ga lewat Lenteng, bus ini belok ke arah Timur lewat Jl. Juanda Depok trus langsung masuk tol.

Amara Rahmadina mengatakan...

waah,, terimakasih banyak infonya. saya cari di web pemda depok tidak sedetil ini.
tapi saya masih punya pertanyan. hehe
berarti pemberhentiannya hanya di 3 tempat itu ya? terminal depok, bumi wiyata, sama bandara?
di bumi wiyata itu naik-turunin penumpang juga?
kalo di bandara beli tiket langsung di bus atau ada loket seperti di terminal depok?
maaf pertanyaannya terlalu banyak. terimakasih atas waktunya untuk menjawab :)

M Roby Yahya mengatakan...

Tulisan diatas berdasarkan pengalaman saya pada tanggal 29 Juli 2014. Tentunya kondisi saat ini sudah ada perubahan. Pengalaman terakhir (beberapa bulan yang lalu), harga tiket menjadi Rp. 50.000,- dan titik pemberhentian juga ada yang baru yaitu (kalau tidak salah) di Jln. Nurul Falah dekat gerbang tol. Loket bus di bandara tidak buka 24jam. Jadi kalau kepagian ya langsung saja naik bus dan duduk di kursi kosong, nanti juga dihampiri pak kondektur buat bayar tiket. Turun di Bumi Wiyata juga bisa kok asal bilang sama pak kondektur ya mba Amara. Terima kasih, salam.

Riani Primaningtyas mengatakan...

Mas.. sy mau kedaerah cimanggis.. dlewatin ga ya sm bus nya ?
Trus di soeta naik nya drmna ?

M Roby Yahya mengatakan...

Lewat mba Riani.. naiknya dari halte/pinggir jalan, tunggu bus Hiba Utama tujuan Depok. Kalau dari terminal 1b ada loketnya, jadi bisa nunggu di loket. Pas udah di atas bus, bilang aja ke kondektur mau ke Cimanggis.

Fatmah Ramadhani mengatakan...

Salam.. maaf nanya mas, kalau naik bisnya di jalan juanda-depok, bisa ga ya? Apa Hiba Utama mau menaikkan penumpang di luar tempat pemberhentiannya? Terima kasih..

M Roby Yahya mengatakan...

Sepertinya ga mau mba, kalo dari Juanda naik dari Hotel Bumi Wiyata atau loket Cimanggis yg dekat pintu tol..

Fatmah Ramadhani mengatakan...

Oke, terima kasih infonya ๐Ÿ‘๐Ÿ‘

M Roby Yahya mengatakan...

Sama-sama mba Fatmah

Anonim mengatakan...

Loket bus hiba dibandara soetta ada ga ya?

M Roby Yahya mengatakan...

ada, di terminal 1B

Red White Star mengatakan...

primajasa travel .jadwal keberangkatan dari Bandara Soekarno Hatta ~>07:15>08:15>09:15-10:15 – 11:15 – 12:15 – 13:15 – 14:15 – 15:15 – 16:15 – 17:15 – 18:15 – 19:15 – 20:15 – 21:15 -22:15 – 23:15 /keberangkatan dari bandung ke Bandara jadwal >>>> 23:15 – 00:15 – 01:15 – 02:15 – 03:15 – 04:15 – 05:15 – 06:15 – 07:15 – 08:15 – 09:15 – 10:15 – 11:15 – 12:15 – 13:15 – 14:15 – 15:15 – 16:15 17:15 ~~~~~~~primajasa travel bisa turun di Bandung .,pasteur.gedung sate ๐Ÿšprimajasa.travel
Primajasa Travel Bdg-Soetta
Informasi & reservasi : Jl. Diponegoro no.32, Bdg : +6227273402 / +6281221085084 (sms) : travel.primajasa@gmail.com Bandara Soekarno Hatta ๐Ÿ“ž : +6285319432636

Unknown mengatakan...

Kalau bayar pake atm bisa kah mas?

Uka Buks mengatakan...

#Justinfo
#Justshare
bro and sist
buat kalian yang sekitar cibinong depok GDC

bigung mau cari transfortasi menuju bandara?

You trans GO
solusinya
kita membantu mengantarkan anda kebandara dengan biaya murah hanya 65 k/org
di GDC
setiap hari pukul
·08.00
·12.00
·15.00

info :
andi 0878-7607-3230

M Roby Yahya mengatakan...

Rutenya lewat mana aja mas, sama waktu tempuh berapa lama?

Anonim mengatakan...

emang cepet sih..tapi supir dan kenek nyetel dangdut kenceng..krn speaker ada di atas tiap tempat duduk jadi ganggu banget. mesti komplain ke mana ya. kayanya klo naek damri..supirnya ga pernah setel musik kenceng2

M Roby Yahya mengatakan...

Komplain langsung ke pak sopir dan pak keneknya.. bilang aja baik-baik kalo musiknya mengganggu. :)

Anonim mengatakan...

Saya berencana dari bandara soekarno hatta ke wisma hijau depok mas. Apakah ada travel atau bus yang bisa saya gunakan mas? lama perjalanan berapa jam ya mas
soalnya saya harus berada di wisma tersebut sbelum jam 7 pagi

terimakasih mas

M Roby Yahya mengatakan...

Kalau sebelum jam 7 pagi harus sudah sampai, sepertinya pakai taksi saja. Biasanya bus yang datang tidak selalu melanjutkan perjalanan kearah sebaliknya. Berikut alternatif menuju lokasi, yang saya kutip dari www[dot]wismahijau[dot]co[dot]id

1. Taksi :
Lewat tol dalam kota, kemudian masuk Tol Jagorawi, keluar pintu Tol Cibubur, menuju Cisalak lewat Jl. Radar Auri. Setelah melewati Perum Permata Puri dan Perum Laguna, belok kanan ±500 meter.

2. Bus Damri :
Naik Bus Damri jurusan ‘Bandara Soekarno Hatta – Terminal Kampung Rambutan’ turun di RS. Harapan Bunda, Pasar Rebo. Kemudian naik angkutan kota T.11 (warna merah) Jurusan Cililitan – Mekarsari, turun di depan Wisma Hijau.

lusy oktariani mengatakan...

mau nanya,kalau loket bus hiba yang di terminal 1b disebelah mana nya ya?