Prawirotaman Car Free Night Akan Diadakan Secara Berkala



Yogyakarta – Beberapa hari yang lalu saya mendapatkan undangan via facebook, undangan itu berisi ajakan untuk menghadiri “Prawirotaman Car Free Night” yang akan berlangsung pada hari Jumat, tanggal 25 April 2014 (malam tadi) di Jln. Gerilya, Prawirotaman, Yogyakarta. Tanpa pikir panjang saya langsung mengonfirmasi akan hadir di acara tersebut. Lalu di mana letak Jln. Gerilya itu berada?

Apabila kita berkunjung ke kawasan Prawirotaman maka kita akan menemui tiga jalan yang dikenal dengan nama Prawirotaman I, Prawirotaman II dan Prawirotaman III. Tepat di sebelah Utara pasar Prawirotaman terdapat Jln. Gerilya atau juga dikenal sebagai Prawirotaman II. Nah di Jalan itulah Car Free Night berlangsung. Di kota Yogyakarta Car Free Night sebelumnya pernah diadakan di Malioboro biasanya untuk menyambut malam pergantian tahun. Sedangkan kota-kota lain yang juga pernah mengadakan Car Free Night adalah Solo, Jakarta, Bali dan Bandung.


Kembali ke kawasan Prawirotaman, sekitar jam empat sore saya melintasi Jln. Gerilya dari Barat sampai Timur jalan. Acara belum dimulai, panitia terlihat masih melakukan persiapan kemudian jam delapan malam ketika saya kembali ke Jln. Gerilya... “WOW” suasananya sudah sangat ramai, mulai dari warga sekitar sampai wisatawan domestik bahkan wisatawan mancanegara berbaur menjadi satu. Nampaknya panitia memang mempersiapkan acara ini dengan cukup matang, hal ini terlihat dari partisipan, penataan stand dan pedagang musiman yang tertata dengan rapih dan tertib. Pejalan kaki bisa menikmati beberapa karya lukis, atraksi skateboard dan sepatu roda, pantomim, dan beberapa jenis jajan pasar. Sayang sekali kamera digital saya tertinggal di Depok (Jawa Barat), jadi untuk mengabadikan acara ini saya hanya mengandalkan hanheld keluaran sm*rtfren yang hasilnya kurang maksimal saat di tempat gelap.




Car Free Night gelaran pertama ini secara keseluruhan sukses besar, bahkan saya sempat mendengar obrolan panitia dengan salah seorang warga bahwa Prawirotaman Car Free Night akan diadakan sebulan sekali. Menurut saya hal ini sangat bagus, dengan pelaksanaan yang berkala dan konsisten maka orang-orang akan mudah mengingat kegiatan rutin yang dilaksanakan di Prawirotaman lalu warga sekitar pun bisa berdagang dan merasakan manfaat ekonominya.

Untuk yang berada di luar Prawirotaman atau di luar Yogyakarta mungkin bisa memfollow akun twitter @PrawirotamanCFN untuk mendapatkan update mengenai acara-acara selanjutnya. (Roby)

Tidak ada komentar: